Microsoft OfficeLens = Scan Document Mudah Dimanapun dengan Scanner Portabel Ala Smartphone.

source blog.office.com

Scan document pasti suatu saat semua orang membutuhkan. Keperluan scan dokumen ijazah KTP foto dsb. Lalu bagaimana ketika anda dalam keadaan membutuhkan namun tidak menemukan scanner untuk scan dokumen anda tersebut?


Raksasa teknologi Microsoft baru-baru ini telah merilis aplikasi smart scanner portabel yang bisa membantu anda menscan documen dimanapun dengan mudah hanya dengan menggunakan perangkat smartphone anda. Bahkan dalam rilis terbaru, Office Lens telah dibekali pemindai OCR (Optical Character Recognition) yaitu mengubah tulisan dalam foto atau dokumen yang anda pindai menjadi tulisan yang editable atau bisa diedit kembali ke Microsoft Word.


Memindai / scan dari dokumen teks


Memindai / scan dari whiteboard

Office Lens juga bisa digunakan semisal ketika anda berada dalam ruang kelas atau kuliah dan malas untuk mencatat tulisan dalam whiteboard / papan tulis. Open aplikasi dan ambil shot foto lalu OfficeLens secara otomatis akan memindai menjadi dokumen dan mengkonvert ke berbagai macam pilihan ekstensi output seperti word, pdf, jpeg powerpoint, dsb.

Office Lens juga bisa digunakan semisal ketika anda berada dalam ruang kelas atau kuliah dan malas untuk mencatat tulisan dalam whiteboard / papan tulis. Open aplikasi dan ambil capture foto lalu OfficeLens secara otomatis akan memindai menjadi dokumen dan mengkonvert ke berbagai macam pilihan ekstensi output yang editable seperti word, pdf, powerpoint dan jpeg. 

Berikut langkah-langkahnya :

Langkah 1 : 
   Instal aplikasi Office lens dari playstore (Android) atau AppStore (IOS), Jalankan aplikasi , Office Lens akan meminta permission untuk mengakses kamera klik "Yes" atau "Allow".

Langkah 2 :
   Shot kamera ke arah dokumen atau foto yang ingin dipindai / scan, ada 4 menu pilihan,
  • Document = untuk memindai dokumen
  • Whiteboard = untuk memindai dari papan tulis atau whiteboard
  • Photo = untuk opsi target pindai berupa foto
  • Bussiness Card = untuk opsi pindai berupa kartu nama.

Langkah 3 :
Setelah mencapture foto akan ada menu save
  1. Word = untuk menyimpan capture ke dokumen word dan otomatis teks dalam gambar/ dokumen akan diconvert melalui fitur OCR menjadi editable text / teks yang dapat diedit.  
  2. PowerPoint = untuk menyimpan capture gambar ke powerpoint
  3. PDF = meyimpan capture gambar ke format PDF
  4. Gallery = menyimpan capture gambar ke format foto jpeg.



Selamat Mencoba.
  

Share this

Related Posts

First